Ketika Malam Menanjak

Ketika malam menanjak
Kubah kala gelap malu-malu membentang langit bergemintang di sela sisa-sisa hujan
Dihantar angin menghadirkan sunyi

Ketika aku ingin tahu apa di balikmu
Selalu, selalu ingin tahu!
Aku dipaksa tahu bahwa aku tak pernah tahu

Untuk apa aku mendongak?
Demi apa?!
Buat apa?!

Siapa aku?
Apa yang aku mau?
Apa yang aku mampu?
Apa yang aku tuju?
Huru-hara hura-hura hidup?
Ah! Itu nisbi!
Halusinasi!

Kusesap malam yang mulai menanjak
Kucebur dia
Dia melarutku

Aku…
Aku tak lebih dari debu-debu pemburu nafsu
Aku adalah daging-belulang yang lupa bahwa niscaya zaman akan meniadakanku
Ah, begitu kerdil hati yang mengokang angkuh tanpa henti-henti
Di hadapan Kang Maha Gusti

Aku ingat pada lupa
Ketika malam menanjak

Malam

One thought on “Ketika Malam Menanjak

Leave a Reply

