Kepakan Cinta Malaikat Pemberontak

image

“Kami akan hidup dan menang!”
–Hugo Chavez, ketika didiagnosa menderita kanker, 30 Juni 2011–

RAFAEL HUGO CHAVEZ FRIAS adalah jawaban untuk kerinduan umat manusia pada cinta, kebersamaan, dan keyakinan untuk bebas dari tirani. Dia cakap menempatkan kemanusiaan pada posisi yang paling akurat. Dia tahu cara menaruh harga diri manusia-manusia dengan tepat, agar tak tercaplok keserakahan modal yang menghajar hak azasi hingga terpincang-pincang.

Ketika Kahlil Gibran mengejawantahkan cintanya pada puisi-puisi, El Commandante berpuisi dalam perbuatan; ketika menggelontor korban tsunami Aceh dan gempa Haiti dengan bantuan yang besarnya ”keterlaluan”, memapah Jamaika yang diamuk hutang 16 triliun dollar Amerika, hingga merangkul Mahmud Ahmadinejad yang kesepian akibat hoax program senjata nuklir, di Iran sana.

Hugo Chavez adalah pria flamboyan yang tak mengumbar daya pikatnya untuk perempuan-perempuan, karena dia memilih mengaplikasikan energi cinta yang dia punya pada negaranya juga kemanusiaan.Β  Bahkan, demi kepak sayap kebaikannya untuk seluruh penjuru jagat ini, Chavez membiarkan romantisme afeksinya sendiri terperosok jauh dalam kesepian menyenyap tanpa ujung.

Bagi manusia-manusia yang jengah dengan hegemoni, bagi manusia-manusia yang bosan dengan ketidakadilan, bagi mereka yang ingin tahu cara bersahabat dan menempatkan cinta pada tingkatan yang paling pantas, El Commandante adalah rujukan yang nyaris sempurna. Chavez tahu cara berbagi. Chavez tahu cara bersahabat. Dia memahami cinta.

El Commandate bukan sekadar manusia sekadarnya. Dia adalah sosok, yang besar, yang layak mendapatkan akumulasi tabik dari seluruh umat manusia yang rindu pada keadilan juga kebersamaan.

Dia tokoh besar pernah dipunyai peradaban modern. Dia adalah malaikat pemberontak yang tak pernah rela jika ada manusia yang harus hidup di bawah rumbia, dalam dinding pohon kelapa, yang beralas lantai tanah telanjang. El Commandante adalah sahabat paling tepat bagi umat yang mendamba hidup bermartabat.

El Commandante adalah malaikat;. yang menyebarkan kebaikan ke seluruh pelosok dunia yang sedang murung terisolir kemiskinan, dengan sayap kirinya. Kiri yang telah dibangunnya menjadi dalam bingkai denotasi, dalam pelayaran akbar menuju surga kebahagiaan.

Advertisements

4 thoughts on “Kepakan Cinta Malaikat Pemberontak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s